Fitri’s Blog

Menulis dan berbagi informasi untuk kehidupan lebih baik

Tips Sehat Senam Jantung Sehat Untuk Manfaat yang Maksimal
Kesehatan

Tips Sehat Senam Jantung Sehat Untuk Manfaat yang Maksimal

Aktivitas fisik adalah cara yang paling ampuh untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Ada banyak senam jantung sehat yang bisa dijalankan dengan memberikan berbagai manfaat untuk segala kalangan usia sehingga jantung tetap sehat dan tubuh juga terasa lebih bugar.

Manfaat Senam Jantung Sehat

Melakukan aktivias fisik rutin juga dapat membantu mengurangi resiko gagal jantung dan menguatkan jantung. Olahraga juga membantu tubuh mencapai berat badan ideal, mengelola stres, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan tekanan darah tinggi, serta meningkatkan mood dan lebih percaya diri.

Senam sehat untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara membuat jantung dapat terus bekerja dengan baik sehingga organ tubuh lainnya juga ikut sehat dengan aliran darah yang lancar dan sistem pernafasan yang sehat.

Melakukan senam jantung yang sehat meningkatkan keringat di tubuh Anda dan mempercepat detak jantung Anda sehingga dapat membantu meningkatkan aliran oksigen ke tubuh, memperkuat otot jantung, dan meningkatkan fungsi jantung.

Gerakan senam sehat beragam seperti aerobik atau kardio dasar dengan kecepatan mulai dari ringan hingga berat. Untuk beberapa gerakannya dapat berupa burpees, jumping jacks, squat jump, gerakan memanjat, dan jalan di tempat.

Tips Senam Jantung Sehat Agar Hasil Maksimal

  1. Sebelum melakukan senam jantung sehat, sebaiknya lakukan pemanasan selama sekitar 5-10 menit untuk mencegah cedera, meningkatkan aliran darah, dan mengendurkan otot. Pemanasan dilakukan dengan gerakan yang lambat untuk menyesuaikan jantung dan organ lainnya.
  2. Setelah selesai melakukan senam jantung sehat, lakukan pendinginan selama sekitar 5-10 menit. Cara melakukan pendinginan yaitu dengan melakukannya dengan gerakan yang lambat dan bertahap. Bukan berarti langsung berhenti karena justru akan membuat jantung berdebar cepat dan pusing.
  3. Minum air putih sebelum dan setelah melakukan senam jantung sehat. Disela-sela senam juga boleh minum air sedikit saat istirahat.
  4. Tunggu setidaknya minimal 1 jam sebelum mulai berolahraga.
  5. Senam jantung dapaat dilakukan 5 kali seminggu minimal 30 menit sehari.
  6. Apabila mengalami nyeri leher, dada, lengan, bahu, dan juga pusing, sebaiknya hentikan olahraga.
  7. Anda bisa melakukan senam sambil mendengarkan musik yang disukai agar lebih bersemangat.
  8. Senam jantung sebaiknya dilakukan secara bertahap misalnya dengan menambah atau mengurangi jumlah waktu secra bertahap apalagi jika dilakukan sementara waktu.
  9. Jika Anda menderita kondisi medis tertentu, seperti osteoartritis, diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit paru-paru, dan Anda tidak berolahraga untuk waktu yang lama, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai sesi senam jantung yang sehat.

Selain melakukan senam jantung sehat, jaga pola makan Anda setiap hari seperti menghindari konsumsi makanan tinggi kolesterol, gula, dan garam serta mengonsumsi makanan tinggi serat. Bisa juga dengan mengonsumsi susu Ensure untuk membantu memenuhi nutrisi yang lengkap dan seimbang dengan kandungan omega 3 dan 6, protein kasein, whey, dan soya, 14 vitamin dan 9 mineral serta laktosa yang rendah.