Fitri’s Blog

Menulis dan berbagi informasi untuk kehidupan lebih baik

Mengatasi Penyebab Perubahan Iklim Dari Diri Sendiri, Apa yang Bisa Dilakukan?
Lifestyle

Mengatasi Penyebab Perubahan Iklim Dari Diri Sendiri, Apa yang Bisa Dilakukan?

Mengatasi Penyebab Perubahan Iklim Dari Diri Sendiri, Apa yang Bisa Dilakukan?

Isu tentang perubahan iklim memang sudah menjadi bahasan umum sejak lama. Hal ini dikarenakan apa yang kita lakukan sehari-hari, tanpa disadari, merupakan salah satu penyebab perubahan iklim tersebut. Misalnya saja, penggunaan kendaraan bermotor ataupun pola produksi pabrik yang meningkatkan tingkat polusi udara.

Tentu saja, perubahan iklim adalah ancaman yang nyata dan juga serius. Perubahan yang terjadi pada iklim tersebut akan memberikan dampak yang besar dalam kehidupan manusia, seperti susahnya mendapatkan udara yang bersih, air yang tercemar dan lainnya. Oleh karenanya, kesadaran untuk mengatasi masalah iklim tersebut harus dimiliki dari diri sendiri.

Di level individu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan penyebab perubahan iklim tersebut. Apa saja hal yang bisa dilakukan? Simak ulasannya!

  1. Melakukan pemilahan sampah

Pemilahan sampah adalah tindakan kecil yang bisa dilakukan untuk berperan aktif mengatasi penyebab perubahan iklim yang terjadi. Hal ini dikarenakan sampah yang bercampur-campur dan menggunung nantinya akan mencemari tanah dan air serta menyebabkan polusi.

Terkait pemilahan sampah ini, Anda bisa memilah sampah organik dan anorganik. Nantinya, sampah organik bisa dibusukkan dan dijadikan pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang menjadi benda baru yang memiliki nilai guna.

  1. Hindari membuang paper cup yang masih berisi air ke tempat sampah

Paper cup yang masih berisi air bisa berdampak buruk pada sampah lain yang ada di dalam tempat sampah. Pasalnya, kandungan air yang masih ada di paper cup tersebut nantinya akan mencemari sampah lain dan membuatnya lebih mudah membusuk serta mengeluarkan bau yang tak sedap.

Oleh karenanya, hindari membuang paper cup yang masih terdapat air di dalamnya. Pastikan jika air yang ada pada paper cup sudah kering ketika Anda membuangnya.

  1. Menghemat penggunaan energi listrik

Perlu diketahui bahwa produksi listrik yang dilakukan masih menggunakan sumber daya fosil. Hal demikian ini juga menjadi penyebab perubahan iklim yang perlu diwaspadai.

Sebagai individu, ada baiknya jika Anda mengurangi dan menghemat penggunaan listrik di rumah. Dengan demikian, Anda pun akan memiliki peran untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dalam produksi listrik tersebut.

  1. Menggunakan barang tak habis pakai

Hal lain yang bisa dilakukan sebagai individu terkait peran untuk mengatasi penyebab perubahan iklim adalah menggunakan barang tak habis pakai. Ada beberapa contoh yang bisa Anda lakukan, seperti selalu membawa botol dan peralatan makan sendiri agar tidak membuat sampah baru, menggunakan kantong belanja sendiri saat belanja dan lainnya.

Beberapa hal di atas adalah upaya individu yang bisa Anda lakukan sebagai bagian dari peran untuk mengatasi penyebab perubahan iklim. Dengan langkah di atas, minimal Anda menunjukkan keberpihakan pada penyelamatan lingkungan. Selain itu, pastikan jika Anda melakukan beberapa langkah di atas secara konsisten.