Fitri’s Blog

Menulis dan berbagi informasi untuk kehidupan lebih baik

Ini Lho Perbedaan Qixi Dengan Perayaan Valentine Pada Umumnya
Lifestyle

Ini Lho Perbedaan Qixi Dengan Perayaan Valentine Pada Umumnya

Qixi merupakan salah satu festival tradisional yang biasa dikenal sebagai hari kasih saying di cina. Pada dasarnya ada beberapa perbedaan besar antara festival qixi dan hari valentine pada umumnya. Di negara – negara barat perayaan valentine nya mewakili cinta dan romansa yang menjadikan festival bagi pasangan untuk menyampaikan cinta mereka. Di cina celebrate china’s valentine’s day atau dikenal dengan festival qixi meakili kebijakan wanita serta merupaka festifal untuk wanita lajang dan wanita yang belum menikah. Diantara keduanya ada beberapa perbedaan yang menjadikan celebrate of valentine’s day di china sangat berebda dan unik.

Audiens yang berbeda

Festival qixi adalah festival tradisional china yang biasanya hanya dirayakan di cina. Di beberapa negara sia yang dipengaruhi oleh budaya cina juga ada tradisi merayakan festival ini. Sedangkan hari valentine adalah perayaan di negara barat. Perayaan ini awalnya hanya dirayakan di negara – negara eropa dan amreika akan tetapi sekarang telah menjadi perayaan yang dirayakan di seluruh dunia.

Waktu perayaan yang berbeda

Disini festifal qixi dihitung menurut kalender lunar yang jatuh pada hari ketujuh bulan ketujuh setiap tahunnya. Berbeda dengan hari valentine yang dihitung menurut kalender masehi dan jatuh pada tanggal 14 februari setiap tahun.

Asal mula yang berbeda

Celebrate china’s valentine’s day atau festival Qixi berasal daru kisah penggembala sampi dan dewi penenun. Mereka saling jatuh cinta dan menikah, menjalani kehidupan pria dan wanita. Hal tersebut membuat dewi surga kembali memisahkan mereka. Melihat perjuangan sang gembala dalam menemui dewi penenun, sang dewi surge akhirnya membolehkan mereka untuk bertemu yakni pada tanggal 7 bulan ke 7 setiap tahunnya. Cinta dari kedua insan tersebut menggerakkan burung – burung murai yang tak terhitung jumlahnya terbang dan membangun jembatan warna warni melintasi surge dan badan mereka.

Sedangkan untuk hari valentine berasal dari abad ke 3 m. pada masa itu kekaisaran romawi mengalami krisis total, ekonomi menurun, korupsi dan perlawanan rakyat. Untuk mempertahankan kekuasannya aristokrasi secara brutal menindas orang termasuk umat kristiani. Pada saat itulah seorang Kristian, valentine ditangkap dan dipenjara. Ketika di pejara dia meluluhkan seorang putri sipir dengan kejujurannya. Mereka saling mencintai. Penguasa pun memerintahkan valentine untuk di eksekusi. Sebelum di eksekusi, valentine menulis surat bunuh diri yang panjang untuk putri sipir menunjukkan bahwa dia tidak bersalah, hal ini menunjukan kebajikan dan rasa saying yang mendalam antara valentine dan putri sipir tersebut sehingga diperingati sebagai hari valentine.

Itulah beberapa perbedaan hari valentine dengan festival qixi. Perbedaan tersebut tentunya saat ini sudah tidak begitu kentara dikarenakan celebrate china’s valentine’s day yang dahulu lebih tradisional dengan jamuan yang juga sangat tradisional saat ini sudah diganti dengan menggunakan coklat dan jamuan makan pada umumnya.