Fitri’s Blog

Menulis dan berbagi informasi untuk kehidupan lebih baik

Membangun Usaha Dari Awal
Others

Ingin Membangun Usaha Dari Awal? Ini Beberapa Faktor Yang Bisa Kamu Pertimbangkan Untuk Meminimalisir Resiko Kerugian

Dalam membangun bisnis banyak sekali yang harus di persiapkan mulai dari membuat logo, buat kartu nama online, mempersiapkan produk, menentukan skala bisnis dan masih banyak lagi, terutama kamu yang ingin membangun bisnis dari awal. Perencanaan bisnis ini harus matang dan taktis agar kamu bisa memprediksikan bagaimana prospek bisnis kamu ke depan.

Alih-alih memikirkan beberapa hal tersebut di atas, sebenarnya ada beberapa faktor yang harus kamu pertimbangkan dan persiapkan sebelum kamu memutuskan untuk membuat bisnis. Selain itu kamu juga harus bisa memprioritaskan persiapan yang kamu lakukan dengan tepat. Lalu apa saja pertimbangan tersebut? simak ulasan di bawah ini.

  1. Menentukan Produk

Dalam menentukan produk ada dua macam, yang pertama memilih produk yang sesuai dengan yang kamu inginkan sedangkan yang kedua mencari produk yang diinginkan oleh pasar. Pada cara yang pertama kamu cukup mencari, melakukan survey hingga memilih produk apa yang sekiranya ingin kamu jual, akan tetapi cara ini dinilai kurang efektif apabila dibandingkan dengan cara yang kedua.

Banyak pebisnis yang membeli atau bahkan membuat sendiri produk mereka karena mereka sudah memiliki pasar terlebih dahulu. Cara ini dinilai lebih efektif apabila dibandingkan memilih produk terlebih dahulu baru menentukan pasar, karena kamu sudah mengetahui apa yang pasar butuhkan.

  1. Menyusun Visi Dan Misi

Banyak orang yang meremehkan hal yang satu ini, akan tetapi ternyata hal ini akan membuat bisnis dan orang di dalamnya memiliki tujuan dan program kerja yang jelas. Pada poin visi kamu menentukan apa yang menjadi tujuan kamu mendirikan perusahaan tersebut apabila kamu belum memilikinya maka kamu dan tim harus memikirkan. Sebuah usaha tanpa tujuan yang jelas akan sulit untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya.

Pada poin misi kamu harus menentukan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Cara yang ada di poin ini juga cara secara umum dan jangan terlalu spesifik. Sebagai contoh, Visi: menjadi perusahaan penyedia tekstil nomor satu di Indonesia.
Misi: menyediakan bahan lokal maupun impor yang berkualitas dengan harga yang bersaing

  1. Memperhitungkan Modal

Dalam membangun bisnis memakai modal sudah merupakan hal yang biasa, oleh sebab itu kamu juga harus menentukan berapa perkiraan modal yang kamu butuhkan. Akan tetapi disini faktor penentu seberapa besar resiko yang akan kamu dapatkan nanti. Cara untuk meminimalisir kerugian adalah dengan menggunakan modal yang sedikit atau bahkan tidak menggunakan modal sama sekali, namun dalam hal ini kamu akan memiliki perjalanan yang terhitung lambat dalam membangun bisnis kamu. Apabila kamu sudah memiliki keahlian, sumber daya, dan juga pengalaman yang cukup kamu bisa mencoba untuk memulai bisnis tersebut dengan modal yang besar. Jangan sekali-kali bermain dengan modal besar akan tetapi memiliki persiapan yang minim.

  1. Fokus Dengan Satu Bisnis

Banyak orang yang menginginkan hasil yang lebih dengan membangun beberapa lini bisnis secara bersamaan, hal ini sebenarnya akan mengganggu fokus dan juga menyita waktu kamu dalam membangun bisnis tersebut sehingga kedua bisnis yang kamu jalani tidak berjalan dengan maksimal dan mengalami kerugian di dua lini bisnis tersebut. Oleh sebab itu lebih baik untuk fokus untuk membangun satu bisnis terlebih dahulu hingga stabil, barulah kamu membangun atau merambah ke bisnis yang lainnya. Namun menjalani beberapa bisnis sekaligus juga bisa dilakukan selama kamu bisa mengatur waktu dan pengeluaran dengan benar.

Selain 4 persiapan tersebut kamu juga bisa melihat bisnis yang sudah berjalan di sekitar kamu. Sebagai contoh di Jakarta banyak sekali model bisnis yang bisa kamu jadikan referensi seperti hampers cookies Jakarta, usaha rental mobil, penyewaan ruang kerja dan lain sebagainya.