Fitri’s Blog

Menulis dan berbagi informasi untuk kehidupan lebih baik

Cara Membuat Rendang Ayam yang Tidak Mudah Basi
Others

Cara Membuat Rendang Ayam yang Tidak Mudah Basi

Momen tertentu seperti Idul Fitri kerap sekali membuat rendang sebagai hidangan. Buat yang kurang suka daging bisa memilih ayam untuk dimasak rendang yang gak kalah lezat untuk disantap di hari spesial Anda. Berikut ini cara membuat rendang ayam agar tidak mudah basi yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

Penggunaan Santan

Bahan utama untuk membuat rendang adalah santan. Gunakanlah santan dari kelapa tua yang aromanya harum dan mengandung minyak untuk memasak rendang. Minyak pada kelapa ini membuat rendang menjadi lebih awet dan bisa disimpan dalam waktu yang lama. Walaupun menggunakan santan instan sebaiknya pilihan yang kemasannya baru dibuka saat akan dimakan.

Bahan-Bahan yang Segar

Cara membuat rendang ayam agar tahan lama dengan menggunakan bahan-bahan yang segar. Bahan rempah atau pun bumbu yang digunakan harus segar atau tidak layu. Saat pembuatan bumbu ini harus sampai menyerap ke ayam yang di dalam rendangnya.

Bahan yang segar untuk rempah ini bisa membantu agar rendang awet karena bisa mengusir bakteri yang menyebabkan rendang busuk. Disarankan untuk bahan-bahan segar ini Anda membelinya langsung ke pasar dan memilih sendiri.

Proses Memasak yang Maksimal

Cara agar rendang ayam bisa awet adalah dengan proses memasak yang maksimal yaitu membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam untuk takaran 1 kg lebih. Saat memasaknya harus diaduk merata dan menggunakan proses slow cooking yaitu apinya kecil. Proses memasak rendang lebih disarankan sampai kering, waktu yang lama membuat rendang lebih awet.

Penyimpanan di Wadah Tertutup Rapat

Lakukan penyimpanan rendang ayam dengan menggunakan wadah yang tertutup rapat. Wadah ini kedap udara jadi mencegah pertumbuhan bakteri pada ayamnya, sehingga tidak mudah basi. Setelah disimpan di wadah tertutup letakkan di dalam kulkas. Penyimpanan di freezer bisa bertahan berbulan-bulan.

Hindari Penyimpanan saat Panas

Cara rendam ayam agar tahan lama dengan tidak melakukan penyimpanan saat panas. Biarkan dulu rendang setelah masak diletakkan di luar sampai dingin baru disimpan. Rendang yang disimpan dalam keadaan panas bisa lebih cepat basi dan kualitas rasanya yang menurun. Di suhu ruangan bisa bertahan 3 sampai 4 hari jika melakukan penyimpanan dengan benar.

Penyimpanan dalam Kemasan Kecil

Jika Anda membuat rendang ayam dalam jumlah yang banyak sebaiknya simpan dalam kemasan kecil. Penyimpanan yang terbagi-bagi membantu rendang lebih tahan lama agar tidak mudah basi karena tidak akan terkontaminasi. Kotak yang disarankan seperti foodgrade agar lebih aman dan kemasannya juga tidak mengandung zat kimia.

Cara membuat rendang ayam agar tahan lama bisa menerapkan langkah di atas. Gunakan ayam yang masih segar agar rasanya enak.  Cuci bersih ayam agar tidak berbau amis. Selain di rendang, Anda juga bisa mengolah ayam dengan dibikin sup ataupun digoreng.