Fitri’s Blog

Menulis dan berbagi informasi untuk kehidupan lebih baik

Bolehkan Susu Coklat Dikonsumsi Anak Setiap Hari?
Parenting

Bolehkan Susu Coklat Dikonsumsi Anak Setiap Hari?

Varian rasa susu formula yang disukai anak dan mudah ditemukan adalah susu coklat. Susu dengan rasa coklat memiliki rasa yang lebih manis sehingga disukai anak – anak. Terlebih aroma susu dengan rasa coklat yang khas membuat konsumsi minum susu menjadi lebih enak dan anak semangat minum susu. Namun, beberapa orang berpendapat susu dengan rasa coklat tidak baik untuk kesehatan anak. Benarkah demikian?

Susu coklat merupakan susu yang disukai berbagai usia. Bahkan dalam produk susu yang dijual belikan dalam pasar sendiri, susu dengan rasa coklat cenderung disukai karena tidak beraroma amis dan rasanya manis. Susu ini sama seperti susu putih yakni mengandung beragam kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh anak dalam tumbuh dan berkembang. Jadi produk ini aman dikonsumsi anak asalkan tidak ada Riwayat penyakit khusus.

Salah satu merk susu coklat yang popular adalah Milo. Merk susu ini banyak dikonsumsi masyarakat sebagai susu harian untuk anak. Keunggulan susu rasa coklat dibandingkan dengan susu putih adalah kandungan kalsium susu coklat yang tinggi. Kandungan kalsium dalam susu rasa coklat yang tinggi bisa mendukung tumbuh kembang anak. Sebab itu, konsumsi susu rasa coklat juga diperbolehkan.

Apa saja sih kandungan nutrisi dalam segelas susu coklat? Berikut merupakan beberapa daftar nutrisi yang dikandung susu rasa coklat yang baik dikonsumsi harian oleh tubuh.

  • Kaya promalt. Malt merupakan salah satu jenis sumber energi yang penting. Komponen ini memiliki rasa yang gurih dan manis sehingga disukai anak. Malt ada dalam susu Milo sehingga susu coklat ini baik dikonsumsi anak sebelum beraktivitas.
  • Vitamin B kompleks. Ragam vitamin B kompleks memiliki peranan penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Mulai mendukung nafsu makan, suasana hati hingga imunitas tubuh anak.
  • Vitamin C. Makanan yang mengandung vitamin C sendiri dibutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan. Vitamin C bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh dan mendukung pembentukan sel darah merah. Bahkan vitamin C sendiri bisa berfungsi sebagai peremajaan sel akibat radikal bebas.
  • Vitamin D dan kalsium. Dalam masa tumbuh kembang anak, konsumsi vitamin D dan kalsium yang cukup bisa menjadi investasi masa depan anak. Vitamin D dan kalsium mendukung kesehatan tulang. Sebab itu, susu tinggi kalsium disarankan dikonsumsi anak selama tumbuh kembang.
  • Ragam mineral. Bukan rahasia lagi bila susu merupakan sumber mineral untuk tubuh. Susu mengandung beberapa mineral penting tubuh seperti fosfor, zinc, zat besi dan beragam jenis mineral lainnya. Kandungan mineral tersebut bisa membantu proses metabolisme dan tumbuh kembang anak menjadi optimal.

Jadi, apakah konsumsi susu coklat buruk bagi kesehatan? Tentu tidak selama anak memiliki tubuh yang sehat dan tidak memiliki Riwayat penyakit tertentu. Bila ragu konsumsi susu coklat untuk anak maka ada baiknya konsultasikan hal tersebut pada dokter anak.