Fitri’s Blog

Menulis dan berbagi informasi untuk kehidupan lebih baik

Cara Mencegah Penularan Penyakit HIV
Kesehatan

5 Cara Mencegah Penularan Penyakit HIV

Human Immunodeficiency Virus atau HIV menjadi salah satu jenis virus dengan risiko penularan yang sangat tinggi. Infeksi virus ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang berdampak fatal pada tubuh seseorang. Di beberapa negara, infeksi virus ini dikenal sebagai salah satu penyebab kematian tertinggi. Dibutuhkan langkah pencegahan yang tepat agar terlindungi dari infeksi virus yang mematikan tersebut.

Pencegahan Penularan

Virus ini menyerang tubuh dengan merusak sistem imunitas dan menyerang sel darah putih dalam tubuh. Semakin lama, virus ini bisa membuat tubuh menjadi semakin lemah dan banyak kasus individu terinfeksi yang akhirnya meninggal dunia. Berikut adalah x cara pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari penularan virus ini:

1. Terapkan Seks Sehat

Salah satu rute penularan yang paling utama dari virus ini adalah hubungan seksual. Sangat penting untuk menerapkan gaya seks yang sehat dengan memakai kondom demi mencegah penularan. Selain memakai kondom, usahakan untuk melakukan hubungan seksual dengan satu orang saja. Setia kepada pasangan menjadi salah satu usaha pencegahan penularan virus ini.

2. Hindari Pemakaian Narkoba

Penggunaan narkoba juga menjadi salah satu faktor yang bisa memicu terjadinya penularan HIV. Penyebabnya terletak pada pemakaian narkoba menggunakan jarum suntik. Jarum suntik yang digunakan bergantian dengan orang lain menyebabkan penularan berlangsung lebih cepat. Tak hanya demi mencegah penularan virus, menghindari narkoba memang harus dilakukan karena alasan kesehatan.

3. Gunakan Jarum Steril

Pada kondisi tertentu yang mengharuskan Anda menggunakan jarum suntik, pakailah jarum suntik yang steril. Misalnya saat Anda ingin membuat tato, tindik, atau ketika menerima injeksi obat. Pastikan bahwa jarum yang dipakai sudah steril dan hanya digunakan oleh diri Anda sendiri. Pemakaian jarum suntik yang bergantian jelas tidak disarankan dan meningkatkan risiko penularan.

4. Kenali Risiko Diri

Penting sekali untuk mengenali risiko diri sendiri demi mencegah terjadinya penularan virus ini. Jika memang Anda memiliki risiko tinggi terinfeksi maka segera periksakan diri ke dokter. Dengan menjalani pemeriksaan, Anda bisa mengetahui apakah memang memiliki risiko yang tinggi atau bahkan sudah terinfeksi. Ini bisa menjadi langkah awal pengobatan serta mencegah penularan lebih dini.

5. Konsultasikan pada Dokter

Selalu konsultasikan kondisi Anda kepada dokter, apabila Anda sudah terdiagnosa menderita infeksi virus ini. Tidak perlu merasa malu atau gengsi karena dokter akan memberikan solusi terbaik sesuai kondisi tubuh. Konsultasi akan membantu Anda mendapatkan rekomendasi dan pengobatan yang tepat. Langkah ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan kualitas hidup lebih baik pasca terinfeksi.

Itulah 5 langkah pencegahan infeksi HIV yang bisa dilakukan. Infeksi virus ini bisa dikendalikan jika Anda selalu berhati-hati apalagi jika berhubungan dengan orang yang berisiko tinggi. Dapatkan beragam informasi menarik lainnya mengenai kesehatan lewat Artikel Inspirasi dari Orami.